Kamis, 16 Mei 2013

Tips Merawat Laptop



Laptop adalah barang elektronik yang sangat sensitif bila tidak di jaga secara baik dan tidak melakukan perawatan dengan benar maka laptop anda akan sering masuk ke tempat service laptop. Komponen laptop juga sangat mahal di bandingkan dengan komponen PC.

Untuk perawatan laptop, sebaiknya anda melakukan cara seperti di bawah ini:
1.  Bersihkan layar secara teratur
Bersihkan layar secara teratur dengan menggunakan kain yang sangat lembut. Jangan sekali-kali menggunakan kain kasar kalau anda ingin menggunakan cairan pembersih, cukup anda semprotkan pada kain yang akan anda gunakan untuk membersihkan layar. Selain itu pilihnya cairan pembersih khusus jangan memakai sembarang pembersih.
2.  Jaga Laptop dari debu dan cuaca
Hindari pemakaian laptop di tempat yang berdebu misal di jalan raya. Selain itu perhatikan cuaca saat anda memakai laptop, jangan menggunakan laptop di tempat yang ekstrim panas ataupun sebaliknya cuaca yang terlalu dingin.
3. Jangan meletakkan benda-benda berat diatas Laptop
Bagian laptop seperti layar dan hardisk sangat rentan terhadap tekanan, karena itu jangan sekali-kali meletakkan benda diatas laptop anda.
4.  Jauhkan Laptop Anda dari peralatan yang memancarkan arus magnetik
Hindari memakai laptop di tempat yang mempunyai tekanan magnetik cukup tinggi. Paling tidak letakkan laptop anda 15 cm dari peralatan seperti televisi, microwave yang mempunyai tekanan magnetik tinggi.
5. Jangan makan dan minum di dekat Laptop
Sebaiknya hindari makan dan minum di dekat laptop. Kalaupun anda terpaksa memakai laptop sambil makan dan minum, (karena anda berada di Café untuk menikmati hotspot gratis) selalu berhati-hati saja, jangan sampai makanan dan minuman anda mengenai laptop.
6. Perhatikan baik-baik battery Laptop Anda
Perhatikan selalu indikator batery laptop anda, charge-lah ketika indikator batery benar-benar mau habis (Sekitar 10-5 persen). Kalau anda tidak menggunakan laptop untuk jangka waktu lama, sebaiknya lepaskan batery dari laptop anda setelah sebelumnya dicharge sampai full, kemudian simpan di tempat yang kering, jauhkan dari panas dan debu.
7.  Jangan sentuh Optik DVD atau CD Drive
Ketika akan memasukan sebuah DVD atau CD sebaiknya berhati-hati, jangan sampai jari anda tanpa sengaja menyentuh optik dari DVD atau CD Drive anda yang akan menyebabkan DVD/CD Drive anda tidak bisa membaca DVD/CD.
8. Jangan terlalu keras dan cepat menekan tombol keyboard
Jangan lakukan kebiasaan mengetik dengan sangat cepat dengan tekanan yang keras saat menggunakan keyboard di laptop anda. Karena keyboard laptop lebih sensitive dan rentan sekali dibandingkan keyboard biasa.
9. Jauhkan dari anak-anak
Sebaiknya anda menaruh laptop jauh dari jangkauan anak-anak agar tidak tersentuh oleh mereka. Terlebih lagi anak balita

Tidak ada komentar:

Posting Komentar